Rabu, 21 Agustus 2013

Wisata gunung Merapi

Wisata gunung Merapi
                                 


Objek wisata gunung Merapi

Pada Bulan Oktober 2010 yang lalu masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya dibuat panik dengan bencana alam yaitu meletusnya Gunung Merapi. Gunung Merapi memang terkenal sebagai gunung yang paling aktif di seluruh dunia. Meletusnya Gunung Merapi tentu saja membawa kesedihan tersendiri khususnya bagi penduduk sekitar Merapi. Kesedihan tersebut juga dialami oleh penduduk Yogyakarta sekitar Merapi khususnya warga sekitar Cangkringan dan Dusun Kinahrejo tempat tinggal Juru Kunci Merapi Mbah Maridjan yang turut menjadi korban dari dahsyatnya letusan Merapi Tahun 2010 yang lalu.

Meskipun dampak yang ditimbulkan oleh Letusan Merapi tersebut cukup besar, namun kesedihan warga tidak berlarut-larut. Dengan dibantu berbagai elemen masyarakat dan relawan, warga sekitar Merapi kembali bangkit pasca bencana yang menimpanya. Namun, lokasi rumah yang roboh dan hancur korban merapi sudah tidak dapat digunakan kembali. Hal tersebut merupakan antisipasi terjadinya bencana lanjutan di kemudian hari. Sebagai solusi maka di bangun shelter atau tempat tinggal hunian untuk para warga dengan lokasi yang relatif jauh dari Merapi.

Lokasi bekas aliran lahar Merapi tidak dibiarkan begitu saja. Atas prakarsa warga sekitar, relawan, serta dukungan dari pemerintah lokasi tersebut kemudian dijadikan sebagai objek wisata. Dengan adanya wisata tersebut diharapkan dapat membantu warga sekitar untuk bangkit dan memulihkan perekonomian pasca letusan Merapi. Terdapat berbagai macam situs wisata yang menarik yaitu bekas rumah tinggal Mbah Maridjan, Bangunan-bangunan yang hancur akubat kedahsyatan Merapi, serta bukti-bukti dari sisa letusan Merapi tersebut.

Salah satu yang menarik dari lokasi wisata Merapi sekitaran Cangkringan dan Kinahrejo tersebut adalah wisata adventure/petualangan menggunakan motorcross atau sering disebut dengan motor trail dan ATV. Dengan fasilitas ini, pengunjung dapat menikmati wisata adventure/petualangan sekaligus melewati situs-situs bekas letusan Merapi dengan pemandangan yang sangat indah. Pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan sekitar Merapi dengan dipandu dengan Guide yang professional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar