Selasa, 22 Oktober 2013

Kebun Raya Purwodadi Pasuruan Jawa Timur

Kebun Raya Purwodadi Pasuruan Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kebun Raya Purwodadi  Pasuruan terletak di tepi jalan besar yang menghubungkan 3 kota, yaituMalang, Surabaya, dan Pasuruan. Jarak tempuh dari Malang adalah 24 Km ke arah Utara, dari Pasuruan 30 Km ke arah Barat Daya, dan dari Surabaya 65 Km ke arah Selatan. Kebun Raya Purwodadi Pasuruan ini juga dekat dengan Tempat Wisata Malang seperti Jatim Park, BNS dan tempat wisata yang ekstrim yaitu Rifting Kaliwatu Batu Malang. 

Luas Kebun Raya Purwodadi sekitar 85 ha, pada ketinggian 300 m dpl dengan topografi datar sampai bergelombang. Curah hujan rata-rata per tahun 2366 mm dengan bulan basah antara bulan November dan Maret dengan suhu berkisar antara 22° - 32°C Jalur Transportasi 

Transportasi menuju Kebun Raya Purwodadi  Pasuruan - LIPI sangat mudah dan lancar, karena terletak di tepi jalan besar yang menghubungkan 3 kota, yaitu Malang, Surabaya, dan Pasuruan.
Jalan Darat Terdapat 2 terminal sebagai alternatif tempat pemberangkatan menuju Kebun Raya Purwodadi - LIPI. Untuk area Malang dan sekitarnya, tersedia teminal bus Arjosari. Sedangkan untuk daerah Surabaya terdapat terminal Bungurasih. Kebun Raya Purwodadi - LIPI dilewati oleh jalur bus Surabaya-Malang dan angkutan antar kota Malang-Pasuruan atau Malang-Pandaan selama 24 jam.
Jalur Udara Ada 2 alternatif bandara untuk menuju Kebun Raya Purwodadi. 1. Bandar udara (Bandara) di Malang, Abdurrahman Saleh, hanya melayani penerbangan domestik. 2. Bandar Udara (Bandara) di Surabaya, Juanda, melayani penerbangan domestik dan internasional. Transportasi dari dan menuju Bandara tersedia baik taksi, travel maupun bus.
Perjalanan dengan Kereta Api, terdapat stasiun perberangkatan dan sekaligus pemberhentian yang paling dekat dengan Kebun RayaPurwodadi, yaitu, Stasiun Lawang. Untuk kereta kelas Bisnis dan Eksekutif hanya melayani jurusan Surabaya-Malang atau sebaliknya, sedangkan untuk kelas Ekonomi melayani semua jurusan kota-kota di Jawa Timur. Bagi pengunjung dari luar Jawa Timur, bisa menggunakan stasiun Malang Kota Baru ataupun stasiun Gubeng dan Semut di Surabaya sebagai tempat pemberhentian maupun pemberangkatan.

Kebun Raya Purwodadi Pasuruan Jawa Timur
Kebu Raya Purwodadi Pasuruan
Kebun Raya Purwodadi sebuah kebun yang berada di bawah pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama tiga kebun raya lain, yaitu Kebun Raya Bogor dan Kebun RayaCibodas (keduanya di Jawa Barat), serta Kebun Raya Eka Karya, Bali. Deretan pepohonan keras menjulang tinggi dan rimbun, menyuguhkan tawaran kesejukan untuk sejenak melepas penat. Di sana, di Jalan Raya Surabaya-Malang Kilometer 65 (sekitar 24 kilometer dari Kota Malang) Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, demikian nama tempat itu. Jika tak ingin berjalan kaki, pengunjung bermobil bisa berkeliling kebun itu mengamati beragam pepohonan dari dalam kendaraan. Duduk di hamparan tanah lapang yang dipayungi rimbunnya berbagai jenis tanaman, menikmati indahnya bunga teratai di atas danau buatan cukup menenangkan jiwa. Hati dan pikiran yang semula dipacu berbagai kepentingan rasanya sesaat berhenti berputar, teredam kekaguman dan keindahan julangan tanaman berumur belasan hingga ratusan tahun di sana. 
Kebun Raya Purwodadi, kebunrayapurwodadimalang.blogspot.com, 081334664876
Kebun Raya Purwodadi Pasuruan
Di kebun seluas 85 hektar ini terdapat ribuan jenis tanaman koleksi dataran rendah kering, seperti jenis anggrek, polong-polongan, mangga, paku-pakuan, pisang, palem, tanaman obat, serta herbarium dan tanaman berbiji. Koleksi anggrek mencapai 2.288 spesimen anggrek alam yang terdiri dari 337 jenis dengan tujuh di antaranya merupakan koleksi endemik Jawa Timur.Selain keragaman koleksi tanaman dan pepohonannya yang besar dan rindang, di Kebun Raya Purwodadi ini ada banyak keindahan yang bisa kita jumpai disana. Diantaranya adalah danau atau telaga buatan yang cukup luas di tengah kebun  raya. Pengunjung bisa menyewa perahu dayung atau kereta air untuk menikmati dan menyusuri danau itu. 
Juga tampak mencolok dari luar pagar hanya rumpun bamboo apus dan bamboo petung yang tinggi, pohon jati, trembesi (samanea saman), pohon bodi dan palem raja. Tetapi di dalamnya di samping hutan tanaman langka, juga banyak taman berhamparan rumput dengan beberapa springkler yang memuncratkan air, perdu dan tanaman bunga, tanaman minyak atsiri, kolam, air mancur, bangku bangku taman dan beberapa gazebo untuk berteduh menikmati pemandangan.
Kebun Raya Purwodadi Pasuruan
Dan bagi Anda yang ingin berlibur tak perlu bingung lagi untuk berwisata, segera ke kebun raya Purwodadi ini. Dan bagi Anda yang ingin mengelilingi kebun raya ini kita dapat melewati jalan setapak, dengan sepeda sewaan, atau jalan aspal dengan naik mobil pribadi. Bila penat berjalan kaki, kita dapat meneruskan dengan naik kereta kancil mirip kereta api mini. Berjalan ke arah timur harus berhati hati karena jalannya menurun tajam. Kebun Raya Purwodadi Pasuruan Jawa Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar