Rabu, 23 Oktober 2013

Bukit Tidar Magelang Jawa Tengah


Bukit Tidar Magelang adalah bukit yang terletak di Kawasan Magelang Selatan dan terletak di dalam Kompleks Akademi Militer. Bukit ini terkenal sebagai Paku Pulau Jawa, di sini juga terdapat makam dan petilasanleluhur masyarakat Magelang. Salah satunya terdapat petilasan dari penyebar agama islam di Jawa tengah yaitu Syekh Subakir dari Persia.

Bukit Tidar Magelang

Bukit Tidar Magelang memang tidak terlalu tinggi, tetapi di sana banyak pepohonan yang berfungsi sebagai paru-paru kota sehingga udara di kota Magelang sendiri menjadi lebih segar dan sejuk. Dari  sini  anda juga bisa menikmati pemandangan Kota Magelang dari atas Tugu Akademi Militer. Letak Bukit Tidar sendiri berada di Kelurahan Magersari, magelang Selatan. Berada di ketinggian 503meter dari permukaan laut. Asal mula nama Tidar sendiri mempunyai banyak versi, salah satu versi nya ada yang menyebutkan bahwa nama itu sendiri berasal dari kata “Mati dan Modar”. Mungkin karena keangkerannya pada waktu dulu, konon dahulu jika ada orang yang mendatangi bukit tersebut akan meninggal. Seiring dengan waktu Bukit Tidar mulai dihuni oleh manusia meskipun sampai saat ini masih sangat sulit ditemukan data-data tentang bukit Tidar pada jaman pra Kerajaan Mataram dahulu kala.
Bukit Tidar Magelang
  Saat ini di Bukit Tidar sendiri terdapat tiga makam yang dianggap sebagai tokoh awal Kota Magelang. Jika anda naik ke Bukit Tidar melewati jalan bebatuan yang saat ini sudah tersedia dengan rapi, pertama kalinya anda akan menjumpai makam She Bakir, yang merupakan tokoh pertama yang menyebarkan agama islam di Magelang. Pada singgahan kedua aka nada makam Sepanjang. Dan di dekat Bukit Tidar ada makam Eyang Syamsu.
Bukit Tidar Magelang
Jarak yang ditempuh dari bawah ke puncak Bukit Tidar sekitar 30 menit dengan kondisi santai. Jika anda lewat jalan sebelah timur Lembah Tidar, anda akan menjumpai juru kuncinya. Sejak dahulu memang Bukit Tidar dijadikan sebagai petilasan yang didatangi masyarakat lokal atau pun masyarakat dari luar daerah. Anda pun jika berasal dari luar daerah tidak perlu khwatir jika ingin mencari penginapan, banyak disediakan penduduk setempat atau pun anda bisa menginap di hotel sekitar kawasan Bukit Tidar.Bukit Tidar Magelang Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar